Site Meter Bahasa Indonesia Bukan Bahasa Melayu ~ Cinta Indonesia

Wednesday, January 16, 2013

Bahasa Indonesia Bukan Bahasa Melayu


Kalau berdasarkan wikipedia : "Indonesian (Bahasa Indonesia) adalah bahasa resmi Indonesia. Ini adalah daftar standar Melayu, sebuah bahasa Austronesia yang telah digunakan sebagai bahasa pergaulan di gugusan kepulauan Indonesia selama berabad-abad.
Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia. Dari populasi yang besar, jumlah orang yang berbahasa Indonesia dengan fasih cepat mendekati 100%, membuat Indonesia salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia [2].
Sebagian besar orang Indonesia, selain berbicara bahasa nasional, seringkali fasih dalam bahasa lain regional (contoh termasuk Jawa, Sunda dan Madura) yang umum digunakan di rumah dan dalam masyarakat setempat."

Menurut pendapat saya yang dirangkum dari berbagai sumber adalah sebagai berikut :
Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa IndonesiaDari sudut pandang linguistik, bahasa Indonesia adalah salah satu dari banyak ragam bahasa Melayu. Dasar yang dipakai adalah bahasa Melayu Riau (wilayah Kepulauan Riau sekarang). 
Tetapi Bahasa Indonesia ini banyak dan jauh perbedaan maknanya dengan Bahasa Melayu (Malaysia, Singapore, Brunei). Bahasa kita, Indonesia, merupakan bahasa yang berkembang dan kreatif. Sehingga lebih luwes untuk digunakan dan didengar.  
Meskipun dipahami dan dituturkan oleh lebih dari 90% warga Indonesia, Bahasa Indonesia bukanlah bahasa ibu bagi kebanyakan penuturnya. Sebagian besar warga Indonesia menggunakan salah satu dari 748 bahasa yang ada di Indonesia sebagai bahasa ibu. Penutur Bahasa Indonesia kerap kali menggunakan versi sehari-hari (kolokial) dan/atau mencampuradukkan dengan dialek Indonesia lainnya atau bahasa ibunya.

Karena itu menurut saya bahasa kita adalah Bahasa Indonesia, bukan Bahasa Melayu yang di ubah nama menjadi Bahasa Indonesia seperti yang di katakan oleh orang Malaysia di blog ini.

1 comments:

Gw juga setuju..dg pendapat anda. Krn apa ? Karena jika bhs melayu yg di gunakan saja,mk yg terjadi adalah penolakan secara masal oleh suku bamgsa yg lain.. krn melayu hny bahasa daerah yg penuturnya pun kalah bnyk dr bhs jawa.. lagi pula klo kita jeli,kantor,koran dll itu bhs Belanda..sedangkan Nusantara,Wisma dll itu bhs Sankrit Jawa kuno.. dan msh ada bnyk lagi bahasa dr Suku yg lain.. yg lucu justru Nusantara ini di akui bahasa melayu sama jiran kita.

Cukuplah Bahasa Indonesia saja yg kita pakai sebagai pemersatu bangsa.sehingga tdk ada minoritas mayoritas di dlm berbangsa,bernegara dan berbahasa.. kita ini satu kesatuan.

Post a Comment